Belajar Komitmen di SD Pucukan Sidoarjo

Hari itu menjadi salah satu hari yang spesial, ya spesial, bukan karena pemandangan alamnya yang indah, akan tetapi hari itu saya belajar tentang pentingnya sebuah komitmen. di sebuah SD di  Dukuh Pucukan, Sidoarjo, saya dan serombongan teman-teman berkunjung ke SD tersebut.
Perjalanan dimulai  dengan menuju ke sebuah darmaga kecil di sebuah sungai. Setelah menaiki Perahu kapasitas sekitar 30-an orang, perjalanan ditempuh sekitar 1,5 jam.

SD ini meski berada di kecamatan kota Sidoarjo ternyata akses ke sekolahan tersebut hanya bisa dilewati dengan perahu, ada jalan darat, akan tetapi jika ada hujan sudah tidak bisa dilewati melalui darat, karena dikelilingi oleh tambak.

Di daerah tersebut terdapat 45 Kepala Keluarga yang sebagian besar adalah penjaga tambak di daerah tersebut. Jumlah siswanya saat itu total 22 orang dari kelas 1 sampai kelas 6 (kelas 2 kosong), jumlah gurunya 4 orang.

Yang patut kita belajar adalah komitmen bapak dan Ibu guru di sekolah tersebut, dimana selain perjalanan yang jauh, naik perahu, juga ketika siang atau sore hari ada air pasang, maka Bapak dan Ibu guru yang di sekolah tersebut bisa menginap di sekolah karena kapal tidak bisa jalan ketika sungai pasang.


Bersama Murid kelas 5, yang bercita-cita mempunyai bengkel motor

Tidak ada komentar: