9 New Habits in 90 days



Saat ini saya sedang berusaha mencoba melaksanakan 9 kebiasaan baru. Kebiasaan yang positif yang akan dilakukan dengan konsisten dan komitmen selama 90 hari. Kebiasaan yang akan mendukung kita untuk mencapai target atau goals kita di tahun 2010 nanti.
Kenapa 90 hari...?? Karena ternyata untuk menjadikan sebuah kebiasaan baru menjadi habit menjadi biasa dibutuhkan 90 hari untuk menjadikan kebiasaan baru itu menjadi perilaku yang otomatis kita lakukan atau sudah masuk ke bawah sadar kita sehingga kita merasa nyaman melakukannya.
Kalau dulu, ternyata cukup 21 hari, kemudian menjadi 40 hari, sekarang menjadi 90 hari untuk menjadikan kebiasaan tersebut menjadi pola sehari-hari dalam hidup kita.
Mungkin ga ya?? Untuk menjadikan 9 kebiasaan tersebut menjadi habit baru kita harus terus menerus tanpa 1 kali atau 1 hari pun berhenti melakukannya tentu bukan hal yang mudah, dibutuhkan komitmen yang tinggi. Komitmen yang 100%..!! ada beberapa tips untuk mensukseskan 9 New Habits in 90 days ini:
1. Butuh kemauan yang kuat dari dalam diri kita masing-masing. Dalam hal ini kita harus sadar bahwa hanya kemauan yang keras dan Komitmen 100% yang menjadi faktor utama untuk bisa berhasil.
2. Deklarasikan kepada semua orang atau keluarga kita, biar sebanyak mungkin orang mengetahui, mengingatkan, mendukung, mendoakan dan mensupport kita. Cara ini bisa dilakukan melalui media Facebook atau blog
3. Tunjuk beberapa teman khusus yang menjadi juri bagi kita, disarankan teman Mastermind kita, dengan menyerahkan 9 habits kita kepada mereka dan meminta mengingatkan terus perkembangan 9 habits.
4. Yang terakhir, kita juga bisa menerapkan reward dan punishment kepada diri kita sendiri. Apabila kita berhasil melaksaakan 9 Habit in 90 days kita memberi hadiah bagi diri kita sendiri. Sebaliknya apabila tidak berhasil kita hukum diri kita misalnya melakukan sesuatu yang tidak kita sukai, membayar denda atau hukuman lainnya
Ingin tahu 9 habits saya? Tolong diingatkan ya semoga bisa berhasil
1. Bersyukur mensyukuri kejadian kemarin pada pagi hari setelah bangun tidur (dapet ide ini dari Pak Jami Azzaini. Makasih ya pak)
2. Menulis rutin setiap hari (terinspirasi dari Pak Rony yang baru saja merayakan ulang tahun blognya yang ke-4 dan teman-teman lain yang sudah menerbitkan buku-bukunya)
3. Membaca Buku minimal 1 jam /hari
4. Olahraga / Senam setiap hari
5. Menjaga silaturahmi minimal 2 orang setiap hari
6. Mendengarkan audio book / radio yang bermanfaat
7. Mengontrol/mengecek perkembangan bisnis dimanapun berada
8. Membuat strategi / action untuk capai target bisnis di Desember 2010
9. Berpikir, berkata dan berperilaku positif (makasih masukannya pak Mirza)

Muhammad Zaky
http://www.frens-juice.blogspot.com
http://www.facebook.com/muhammad.zaky
http://www.twitter.com/zakydemak

Tidak ada komentar: