Bisnis is Detail




Sebuah pernyataan yang menarik yang menantang kita untuk melihat ke dalam bisnis kita, seberapa detail bisnis kita seberapa jelas atau seberapa lengkap semua hal yang berhubungan dari A sampai Z mengenai bisnis kita msing-masing. Bagaimana cara kita merekrut orang, cara mentraining karyawan, cara pemasaran, siapa pelanggan kita dan masih banyak hal lainnya yang perlu dan wajib kita ketahui sebagai seorang Bussiness Owner.
Semakin detail bisnis kita maka akan semakin mudah bagi kita untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis kita. Karena semakin detail mengenai semua aspek dalam bisnis menjadikan setiap orang mempunyai panduan dalam menjalankan aktifitas bisnis perusahaan sehari-hari. Bahkan kita bisa membuat semuanya menjadi sebuah dokumen tertulis yang menjadi panduan setiap orang dalam perusahaan kita.
Dokumen ini biasa disebut SOP (Standar Operating Procedure), dengan SOP kita bisa semakin mudah mengendalikan bisnis kita, dengan SOP ini pula bisnis kita mempunyai kemungkinan untuk berkembang dengan cepat dan bisa berjalan tanpa kehadiran kita. Bagaimana cara pembuatan SOP? Insyaallah akan saya sharing di kesempatan mendatang.

”Bisnis itu Mudah, Menyenangkan dan Menghasilkan”

Muhammad Zaky
http://www.facebook.com/muhammad.zaky
http://www.twitter.com/zakydemak

Tidak ada komentar: