Saya Belajar dari Pebisnis Muda India


Mereka bertiga masih berusia sekitar 20an tahun, saat ini mereka menjadi Student Exchange (Pertukaran Pelajar) di Indonesia. Yang menarik dari mereka adalah mereka bertiga sudah mempunyai bisnisnya masing-masing. Salah satu diantara mereka ada yang memulai berjualan pada saat berusia 7 tahun. Ketika saya tanya mengapa mereka berbisnis? Mereka bilang bahwa kita memulai berbinsis agar masa depan kita aman. Kita mulai dari sejak dini karena bila gagal, kita bisa bangkit lagi.
yang menarik adalah di kota mereka 96% penduduknya berwirausaha, mereka bilang. Mengapa kalian yang di Indonesia tidak berani bisni. Pasarnya uar biasa Tinggi lebih dari 99% penduduk Indonesia bisa menjadi target market. Karena apa? Di Indoneisa saat ini baru 0,18% yang menjadi pebisnis. So? Start today&tomorrow to be an Entrepreneur.
Mereka mengkritik orang-orang Inodnesia yang Cuma bisa berencana, menyusun langkah-demi langkah yang akan dilakukan, akan tetapi tidak Action-action. Kalau mereka punya ide langsung, Action. Mereka mengkritik orang Indonesia yang meskipun punya ide yang bagus, takut untuk mencoba. Selain itu di India kalo ada orang India yang meneruskan kuliah di S2 mereka bertujuan untuk mengembangkan bisnisnya. Sedangkan di Indonesia sebagian besar mereka yang kuliah S2 bertujuan untuk melamar pekerjaan.
Apa yang menjadi kunci sukses mereka dalam berbisnis?
1. Percaya Diri, Percaya pada Ide kita, Percaya pada Karyawan
2. Perlakukan Karyawan seperti Keluarga Sendiri
3. Be Creative, be Innovative. Jangan Cuma copy ide, tapi kembangkanlah ide yang sudah ada
4. Tujuan berwirausaha bukan hanya profit tetapi juga untuk aktualisasi diri
5. Menganggap problem atau masalah yang ada sebagai Tantangan

Saya belajar banyak dari mereka, ya terutama semangat dan kepercayaan dirinya yang tinggi. Beberapa tahun lagi saya bermimpi pemuda-pemuda Indonesia yang akan jalan-jalan ke India memberi semangat Kewirausahaan

Tidak ada komentar: