Bagaimana Cara Merekrut Karyawan baru?

Sumber Daya Manusia atau karyawan merupakan salah satu faktor penting dalam perusahaan. Salah satu kesuksesan dan kegagalan bisnis ditentukan siapa saja orang yang ada di dalam perusahaan kita. Berbicara mengenai karyawan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari cara merekrut karyawan baru, menseleksi atau mewawancara karyawan, mentraining dan juga melatih dan mengembangkan karyawan agar selalu berkembang.

Kali ini akan saya bahas sebentar mengenai cara mencari karyawan baru di perusahaan, banyak cara yang bisa kita lakukan mula dari iklan di koran atau surat kabar, iklan di situs internet yang berisi lowongan pekerjaan, atau cara lain yang hemat biaya bahkan nyaris tanpa biaya akan tetapi justru sangat efektif. Mau tahu ?

Berikut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam mencari atau merekrut karyawan baru:
1. Melalui SMS atau Facebook teman-teman atau relasi kita, dengan mengirim pesan di Facebook atau SMS kepada teman-teman kita tidak menghabiskan biaya banyak bahkan jika ada yang melamar ke perusahaan kita, kita bisa tahu referensi atau track record si pelamar tersebut.
2. Bertanya kepada mitra bisnis kita, setiap mitra bisnis yang bersinggungan dengan usaha kita bisa kita minta referensikan apabila ada teman atau saudara mereka yang mau bergabung dengan perusahaan kita.
3. Minta menginfokan semua tim yang ada di perusahaan kita, semua orang yang bergabung di perusahaan bisa kita beritahu dan minta tolong untuk ikut mencarikan orang yang bisa mengisi lowongan kerja yang kita butuhkan.

Silakan bisa dicoba 3 cara merekrut karawan baru diatas yang tidak membutuhkan biaya banyak, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar: