Teknik atau Cara Interview Karyawan Baru

Sebagai seorang pebisnis tentunya banyak aspek yang harus kita kuasai,salah satunya yaitu bagaimana cara interview karyawan baru. hal ini menjadi penting karena jika kita salah memilih karyawan tentu akan berakibat banyak kerugian bagi kita, baik rugi finansial, waktu dan bisnis secara keseluruhan. Saat pertama kali melakukan wawancara atau interview karyawan baru rasanya agak gimana, ga biasa, setelah beberapa kali melakukan interview akhirnya jadi terbiasa.

Untuk mempermudah bagi yang belum biasa, akan sangat bermanfaat kita sudah menyiapkan daftar-daftar pertanyaan untuk interview karyawan. Dengan adanya daftar tersebut kita tidak akan kehabisan bahan atau kelupaan pertanyaan yang akan kita ajukan nantinya. Beberapa pertanyaan yang diajukan biasanya seputar profile diri karyawan (nama, umur,keluarga, dll), setelah itu biasanya pertanyaan seputar pengalaman kerja dan skill atau keahlian apa saja yang dikuasai.

Jangan lupa pembahasan mengenai gaji juga harus disampaikan biar sama-sama enak dan tahu diawalnya, interview karyawan baru ini biasanya dilakukan setelah pelamar lolos seleksi administrasi dan seleksi tes tertulis jika ada. Berikut tips singkat cara mewancarai karyawan baru. Semoga hasil wawancara kita bisa menemukan tim atau karyawan yang profesional, jujur dan amanah.

Muhammad Zaky
www.labelbaju.com

Tidak ada komentar: